Tabel adalah daftar yang berisi ikhtisar sejumlah data-data
informasi yang biasanya berupa kata-kata maupun bilangan yang tersusun dengan
garis pembatas. Sementara bagan adalah gambaran/sketsa buram untuk
memperlihatkan atau menerangkan sesuatu. Data maupun informasi yang ingin
disampaikan direalisasikan melalui gambar. Bagan ada yang berbentuk
diagram mempunyai bentuk yang beragam, antara lain: lingkaran, garis, pohon, dan
batang. Sementara itu grafik adalah lukisan dengan gambar/garis untuk
mengetahui naik turunnya suatu keadaan.
2. Menemukan Informasi dalam Grafik, Tabel, dan Bagan
Setelah mengetahui pengertian grafik, tabel, dan bagan
beserta dengan contoh-contohnya, pada pelajaran ini kamu akan diajarkan cara
mencari informasi di dalamnya. Mencari informasi dalam grafik, tabel, dan bagan
dapat menggunakan beberapa tahap, yaitu sebagai berikut.
a. Bacalah judul grafik, tabel, dan bagan.
b. Perhatikan keterangan yang terdapat dalam gambar
tersebut.
c. Perhatikan setiap perbedaan dari masing-masing gambar.
d. Ajukan pertanyaan dan temukan jawabannya.
3. Mengubah Informasi dalam Grafik, Tabel, dan Bagan Menjadi
Beberapa Kalimat
Sekarang kamu telah mengetahui cara mencari informasi dalam
sebuah grafik, tabel, dan bagan. Namun, bagaimana menuangkannya dalam bentuk
uraian kalimat? Hal ini mengingat bahwa informasi dalam bentuk grafik tabel,
dan bagan masih menyulitkan orang lain mengetahui informasi di dalamnya.
Mengubah informasi dari sebuah grafik, tabel, dan bagan ke
dalam beberapa kalimat bertujuan membantu pembaca memahami isinya. Kegiatan
menguraikan grafik, tabel, dan bagan ke dalam kalimat berarti menerjemahkan
gambar menjadi wacana, sehingga akan lebih dipahami.
Kerjakan latihan berikut ini!
1. Baca dan pahami tabel, grafik, dan bagan di atas!
2. Coba kamu temukan informasi dari ketiganya dengan membuat
beberapa daftar pertanyaan dan jawabannya!
3. Susun informasi menjadi bentuk uraian dengan kalimat yang
jelas dan mudah dipahami
PERBEDAAN DAN KARAKTERISTIK ANTARA GRAFIK 2 DIMENSI DAN 3
DIMENSIPengertian Grafik adalah merupakan visualisasi tabel. Tabel yang disajikan berupa angka-angka dapat disajikan/ ditampilkan ke dalam bentuk gambar.
Jenis grafik, ada beberapa macam grafik diantaranya adalah
1. Grafik batang (histogram) dipakai untuk menekankan perbedaan tingkat nilai dan beberapa aspek. Contohnya grafik Penyesuaian barang.
2. Grafik garis dipakai untuk menggambarkan perkembangan/ perubahan dari waktu ke waktu. Contohnya grafik Pertumbuhan badan.
Sedangkan Grafik Komputer merupakan cabang ilmu dari komputer untuk membuat da memanipulasi gambar secara digital. Bentuk dasar dari grafik komputer adalah
1. Grafik 2 dimensi
2. Grafik 3 dimensi
Banyak dijumpai bentuk visualisasi seperti pemain sepak bola, artis, penyanyi, dll. Yang merupakan hasil dari pemrosesan citra dan pengolahan pola hingga membentuk visualisasi tersebut yang tentu memakan proses yang sangat sulit.
Bagian dari grafik komputer :
1. Geometri adalah mempelajari cara menggambar permukaan bidang.
2. Animasi adalah mempelajari cara memanipulasi dan menggambar gerakan.
3. Rendering adalah mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya.
4. Pengolahan citra adalah mempelajari cara pengambilan dan penyutingan gambar.
Tipe – tipe grafik komputer ada 2, yaitu grafik vektor dan grafik bitmap.
1. Grafik vektor adalah grafik yang berbasis besaran dan arah.
2. Grafik bitmap adalah grafik yang berbasis garis dan kurva.
Ciri – ciri grafik vektor dan grafik bitmap.
1. Grafik vektor : terdiri dari kurva dan garis, resolusi independent, ruang penyimpanan kecil, gambar dan warna sederhana.
2. Grafik bitmap : terdiri dari kumpulan pixel dan warna tertentu, resolusi dependent, ruang penyimpanan besar, gambar dan warna yang dihasilkan bagus.
Perbedaan dan karakteristik 2D vs 3D:
2 Dimensi :
1. Tampilan hanya dapat dilihat dari arah depan dan belakang atau flat.
2. Hanya memiliki koordinat X,Y
3. Hanya memiliki panjang dan lebar.
4. Frame layar terbatas
5. Tidak menggunakan efek cahaya.
6. Pewarnaan hanya menggunakan dasar warna.
3 Dimensi :
1. Tampilan dapat dilihat dari berbagai arah, kiri-kanan-depan-belakang-atas-bawah.
2. Memiliki koordinat X,Y,Z
3. Memiliki panjang, lebar, dan tinggi.
4. Frame layar lebih luas.
5. Banyak menggunakan efek cahaya.
6. Pewarnaan dengan warna-warna yang lebih kompleks, dan gradasi-gradasi warna lebih rumit.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar